Monday 28 January 2013

Alasan suka traveling... (Reasons why i love traveling)

Baca-baca artikel terus nemu satu artikel menarik yang "gue banget" dari kawankumagz tentang sepuluh alasan yang bisa bikin cewek jadi hobi traveling. Ini dia sepuluh alasannya dan komentar saya tentang alasan-alasan ini hehe....

1. New experience
Buat yang baru pertama kali ikut jalan-jalan bareng tur, ini adalah pengalaman pertama kita traveling. Akan banyak pengalaman yang belum pernah kita alami, dan itu menjadi cerita seru yang kita bagi dengan teman-teman. Mulai dari perjalanan menuju tempat tujuan, sampai makanan-makanan khas daerah tersebut merupakan pengalaman baru bagi kita.


"Yap bener banget, traveling itu memang penuh dengan pengalaman baru . Kita akan disuguhkan dengan pengalaman unik dari masing-masing tempat, perjalanan, teman yang tentunya membekas di hati dan tersimpan selalu di memori otak dan kamera tentunya hehe...."

2. Belajar bahasa dan kebiasaan setempat
Sebelum pergi meninggalkan tempat tujuan, beberapa orang biasanya mencari tahu kebiasaan daerah tersebut, sampai bahasa yang sering digunakan untuk percakapan. Nah ini keuntungan tidak langsung dari hobi traveling, belajar untuk mengenal daerah tujuan traveling. Kalau tiap tahun jalan-jalan ke daerah yang berbeda di Indonesia, coba hitung sudah berapa bahasa dan adat kebiasaan yang kita pelajari.

"Nah ini yang masih saya praktekkan juga, tahun ini insya allah saya dan beberapa teman jalan mau "kabur" ke Thailand, so sekarang-sekarang saya lagi suka baca-baca bahasa sehari-hari di sana, paling nggak tau bahasa dasarnya lah biar nggak "celingak celinguk" amat waktu di sana haha..."

3. Dapat uang
Jangan kira traveling cuma buang-buang duit saja. Siapa sangka hobi yang dikira mahal ini bisa jadi pekerjaan. Banyak majalah traveling yang membutuhkan kontributor untuk mengisi setiap segmennya. Lumayan kan bekerja sambil jalan-jalan, dibayar lagi!

"Kalo yang ini saya sendiri belum pernah nyoba tapi emang bener banget ada beberapa orang termasuk teman-teman saya yang mendapat keuntungan lumayan dari usaha mereka ngadain acara backpacker. Selain dapet uang tambahan, mereka juga bisa ikutan jalan-jalan gratis... :D"

4. Punya teman baru
Banyak tur yang menawarkan paket-paket liburan, dan kita bergabung dengan orang lain. Secara tidak langsung kita akan menjalin pertemanan dengan orang-orang yang ikut bergabung bersama tur yang kita jalani. Pengalaman baru, teman baru. Dari situ, kita bisa bikin grup buat jalan-jalan ke tempat lainnya.

"Setuju bangetlah....dari traveling kita bisa bertemu dengan teman-teman baru yang berbeda latar belakang sosial dan budaya, ekonomi, dan agama. Wawasan kita juga makin luas dan di sini kita bisa belajar komunikasi dengan lebih baik. Merasa punya kesamaan hobi, saya jadi punya teman jalan-jalan banyak gara-gara ikut backpaker-an....!!!"

5. Orang akan lebih ramah dengan perempuan
Takut enggak ada tempat nginep, takut ditipu sama warga setempat, dan ketakutan lainnya emang menyelimuti cewek yang lagi berusaha jadi traveler. Tapi ternyata, warga setempat malah akan lebih ramah sama perempuan. Jadi enggak perlu khawatir kalau mau traveling, akan banyak orang yang bantu kok. Tapi ya harus jaga diri juga ya.

"Kalau yang ini saya sih belum pernah ngerasain adanya perbedaan keramahan penduduk sama traveler perempuan dan laki-laki. Yang jelas dimanapun itu asalkan kita tau sopan santun dan nunjukkin sikap toleransi sama penduduk setempat, pasti mereka akan membantu dan bersikap baik sama kita... :))"

6. Waktunya relaksasi
Liburan memang harus punya waktu tersendiri. Kita enggak bisa merencanakan liburan ditengah waktu sekolah. Dan ketika liburan datang, itulah saatnya kita melepaskan segala rutinitas yang kita jalani. Lepaskan semua kegiatan yang berbau sekolah, nikmati liburan, dan bersantai. Maka kejenuhan akan rutinitas akan terbayarkan. Ini juga yang biasa disebut me time!

"Ini nih memang salah satu alasan banget saya suka traveling yaitu "kabur"!. "Kabur" dari rutinitas yang terkadang membosankan. "Kabur" dari Jakarta yang sumpek, kerjaan yang memusingkan, hari-hari kerja yang suka bikin jenuh....Kayak sekarang nih udah hampir 3 bulan saya nggak traveling keluar Jakarta, rasanya udah kangen banget!!!!"

7. Challenge accepted!
Buat yang suka tantangan, traveling salah satu kegiatan dimana kita membuktikan bahwa kita mampu menjalaninya. Bagaimana tidak, dengan traveling setidaknya kita membuktikan bahwa kita mampu berada di tempat yang tidak kita kenal sebelumnya. Dan jika kita merasa bahwa sebuah daerah bisa kita taklukan, maka daerah lain akan menunggu kita untuk dijelajahi.

"That's Right!. Seseorang kadang butuh tantangan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan diri. Traveling bisa melatih mental kita. Masih inget gimana rasanya terjun dari batu payung Green Canyon yang menurut saya punya tantangan tersendiri, naik gunung dsb. Jika kita bisa melewati semua tantangan itu, pasti ada kebanggaan tersendiri dan akan semakin merasa tertantang untuk mencoba hal lain...."

8. Sumber inspirasi
Film yang diangkat dari novel Eat, Pray, Love merupakan salah satu pengalaman traveling yang luar biasa. Dari tiga negara berbeda, menghasilkan pengalaman dan inspirasi yang berbeda pula. Dan pengalaman tersebut merupakan inspirasi dibuatnya novel yang mendapatkan The New York Times Best Seller.

" Saya pribadi mungkin nggak secara langsung dapet inspirasi saat atau setelah traveling tapi tentunya ketika kita pernah berada di tempat lain, kita akan mengetahui kehidupan dan kebudayaan orang-orang sekitar yang bisa kita contoh hal-hal yang baiknya, atau bahkan membuat kita semakin mensyukuri apa yang telah kita dapat selama ini...."

9. Ketemu calon pacar
Ada kemungkinan kita kenalan sama backpacker cowok pas lagi traveling ke Bangkok, misalnya. Bisa jadi lho awal perkenalan itu menumbuhkan benih-benih asmara diantara kalian.

"Ha...ha...ha....kalau yang ini saya sendiri belum pernah ngalamin tapi kalo naksir buat intermezo doang, pernah *tutupmuka dan beberapa teman saya sudah merasakan (halah). Punya pacar gara-gara ketemu pas mendaki gunung, ke pantai, sampai acara penggalangan dana sosial hihi....so siapa tau kan di antara traveler itu adalah jodoh kamu *ihiyyy"

10. You look fabolous
Ngaku deh buat yang suka traveling, bawa backpack atau koper, naik pesawat, atau kereta api, dengan sunglass dan gayanya masing-masing, pasti ngerasa keren kan? Ditambah lagi dengan foto-foto selama traveling, bisa bikin teman-teman sirik lho.

"Hehehehhe....jujur aja saya nggak pernah ngerasa keliatan keren setiap traveling cuman gara-gara bawa bacpack , karena style atau semacemnya, soalnya wajah saya juga sering kucel, keliatan lebih item setiap di foto wkwkwk dan baju juga seadanya. Tapi kalau ngerasa keren karena pernah berada di tempat yang keren, bisa lihat secara langsung pemandangan yang keren itu emang bener banget!!"

Jadi kayaknya saya akan terus mencintai "traveling".................... :D



Source :http://www.kawankumagz.com/read/you-should-love-traveling

1 comment:

Thanks for your comment !! Please come back..:D