Monday 25 November 2013

Menulis

Curhat lagi...




Menulis...jadi inget waktu kecil kalau nggak salah SD, saya pernah buat dongeng judulnya witch dan cermin ajaib. Sayangnya dongeng itu cuman saya tulis di kertas folio dan ntah kebuang ke mana hehe. Nggak cerita dongeng aja sih, sewaktu SMA saya pernah menulis novel tentang kisah cinta anak sekolah. Tapiii....sayang, saya kurang telaten dan akhirnya tulisan itu jadi cerita tak berakhiran. Parahnya lagi buku yang saya gunakan untuk menulis cerita itu ntah sekarang dimana dan file dokumen di komputer juga udah ilang karena virus hahaha.

Kenapa suka nulis cerita fiktif ya? mungkin karena dulu Ibu suka cerita dongeng sebelum tidur kali ya. Ya sih meskipun menurut saya Ibu bukan pendongeng yang baik karena dongengnya kalau nggak tentang cinderella, tentang bawang merah bawang putih. Itupun suka lompat-lompat alurnya dan ngegantung ending ceritanya hahaha *balik ke inti postingan tik. Ya mungkin gara-gara itu jadi gedenya saya jadi begini suka berimajinasi, nggak jelas bahkan kadang berharap di dunia nyata terjadi *sadar. Tapi saya bangga kok setidaknya otak kanan saya masih bisa diajak belajar hihi.

Sewaktu ada ide bikin dongeng, hal yang paling tepat dilakukan itu menulisnya. Tapi menulis itu nggak semudah yang dibayangkan. Bisa aja apa yang ada di otak kita bisa jadi susah di ungkapkan dalam tulisan. Sejauh ini itulah yang kadang saya rasakan hoho.


Menulis seperti yang saya lakukan sekarang itu bisa jadi cara untuk mengalihkan perhatian. Saat sedang sedih, kangen sama seseorang, orangtua dsb, menulis bisa membantu saya supaya saya fokus dengan hal lain sehingga saya nggak galau berkepanjangan haha. Meskipun apa yang saya tulis sering nggak berhubungan dengan perasaan hati saya, tapi cukup membantu.


Menulis juga bisa membantu saya untuk mendokumentasikan hal yang nggak ingin saya lupakan seperti pengalaman saya selama traveling, hobi saya, dsb. Seperti halnya melihat foto-foto jaman dulu, melalui tulisan, saya bisa membacanya kembali untuk mengingat hal-hal apa yang sudah terjadi dalam hidup saya, flashback gitulah kira-kira hihi. Kadang suka ngerasa lucu sendiri kalau baca postingan blog saya dari tahun 2010 ini.

Tanpa perlu mengeluarkan kata-kata secara langsung, menulis memang bisa jadi sarana untuk mengungkapkan pendapat, ide, atau apapun yang ada di otak saya.



No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment !! Please come back..:D