Thursday 24 October 2013

Seorang Ambivert

Merasa bersalah banget postingan tentang perjalanan Saya ke Thailand, saya skip sementara karena foto-foto dari kamera SLR belum di-back up tapi malah ketinggalan di rumah... *fyuhh, i am in boarding house btw...

Yah daripada bingung mau posting tentang apa, tiba-tiba terlintas di pikiran saya tentang kepribadian seseorang. Pernah dengar soal Extrovert, Introvert ? Pernah dong ya...
Extrovert, biasanya tipe kepribadian macam ini akan kita berikan ke orang-orang yang gampang bergaul, dimana-mana selalu jadi pusat perhatian, berani, pokoknya orang yang sociable banget.
Sedangkan Introvert, tentu kebalikannya yaitu orang yang lebih suka menyendiri, suka ketenangan, nggak banyak bicara, kalem, lebih senang berada di sekitar sahabatnya, dsb.

Trus Saya apa dong? sebelum baca-baca soal tipe kepribadian ini, saya pernah menulis di profile blog kalau saya itu "Semi introvert", istilah ini saya buat karena ada kalanya saya merasa senang berada di keramaian, bertemu orang-orang baru, banyak cerita, ceplas-ceplos tapi ada kalanya juga saya ingin sendiri, jadi pendiam, pemalu, dsb, bener-bener tergantung mood. Nah iseng-iseng ikut tes kepribadian hasilnya :
 
Ternyata saya memang antara extrovert dan introvert, tapi wait...? ada istilah mengenai penjelasan ambivert untuk personality profile : E/I ini, dan saya baca-baca lagi ternyata nggak ada orang di dunia ini yang murni introvert ataupun extrovert lho...
Ada pesan dari salah satu psikolog, begini katanya :

"Remember, though, that no one is all introvert or all extrovert. Introverts attend wild parties, and extroverts curl up with their favorite books. As the psychologist Carl Jung put it, "There is no such thing as a pure extrovert or a pure introvert. Such a man would be in the lunatic asylum" (courtesy of this)

Yap...nggak ada orang yang benar-benar extrovert ataupun introvert. Orang macam itu akan ada di rumah sakit jiwa!! Serem ya kedengaranya hehe..
Lalu ambivert ini apa ya? Ambivert ini adalah tipe kepribadian antara extrovert dan introvert, kebanyakan orang sebenarnya adalah ambivert.
"Ambivert means to be socially comfortable and interactive yet relish “down time alone” more than extroverts and less than introverts" dan "Most of us are ambiverts by personality. Those who lean toward introversion and extroversion are simply displaying different learned, cultural or religious type of developed behaviors" ini salah satu kalimat yang saya kutip dari Paul Mountjo, seorang penulis dan phsycoterapist di Washingtontimes.

Benar juga sih, menurut saya semua orang ambivert hanya saja mereka ini ambivert ke arah introvert atau ke arah extrovert. Trus, bagaimana dengan kamu ??:D

1 comment:

  1. hoooo tengkyu udah buat blog ini. aku jadi ngerti. lebih dalam soal ambivert. aku kira cuma aku aja yg ngerasain ini. tapi ada yg lain ternyata. tapi aku juga masih menerka2 sih aku ini ambivert, extrovert atau introvert. tapi yg aku rasain aku ini kadang suka keramaian & mau cari hal2 baru karena aku ga suka kesepian, tapi ada kalanya aku suka sepi karena lelah dalam keramaian & nyaman di comfort zoneku. kadang batin juga suka beda pendapat.

    aku tau ambivert ini dari guruku. aku kira hanya ada ekstrovert & introvert aja :)

    salam kenal ya. - Lintang

    ReplyDelete

Thanks for your comment !! Please come back..:D